Minggu, 11 Maret 2012

10 PALUNG LAUT TERDALAM DI DUNIA

Palung laut merupakan relief dasar laut berupa jurang sangat dalam, curam dan bentuknya menyerupai huruf V. Proses terbentuknya palung berkaitan dengan gejala pergeseran kerak bumi (gejala tektonis) yang membentuk relief daratan dan samudera.

Teori yang menjelaskan proses pergeseran kerak bumi disebut teori tektonik lempeng. Teori ini menjelaskan bahwa pemanasan dari inti bumi secara terus menerus menyebabkan terjadinya arus panas dari bawah ke atas (arus konveksi) pada lapisan mantel. Kerak bumi yang terus menerus ditekan oleh arus panas, lama kelamaan akan melengkung ke atas dan patah. Patahan kerak bumi yang terapung di atas arus konveksi kemudian bergeser mengikuti gerak arus konveksi. Lempeng yang bergeser akhirnya akan bertumbukan dengan lempeng yang lain. Karena tumbukan tersebut, terjadi proses seperti tampak pada gambar 1.

Lempeng samudera dan benua yang saling bergeser akan saling bertabrakan. Lempeng samudera yang lebih lunak menghunjam ke bawah lempeng benua kemudian meleleh dan berubah menjadi magma. Bila tumpukan magma tersebut terus bertambah dan menjadi sangat besar, akhirnya menyebabkan terjadinya hal-hal sebagai berikut:
  1. Magma akan menerobos lempeng benua diatasnya melalui retakan atau patahan membentuk  deretan pegunungan api. 
  2. Bila tumpukan energi di daerah penunjaman sangat besar, maka energi tersebut akan mampu menggoyang atau menggetarkan lempeng benua dan lempeng samudera di sekitarnya.  Getaran ini disebut gempa bumi tektonik.
  3. Tekanan tenaga ke atas dari magma dan energi yang terkumpul di daerah penunjaman, akan mampu menekan lapisan kulit bumi sehingga kulit bumi bisa melengkung atau bahkan patah sehingga terbentuklah patahan dan lipatan. Gejala ini disebut tektonisme.
  4. Tempat penghujaman lempeng samudera dengan lempeng benua disebut zona subduksi. Zona ini merupakan sumber gempa bumi tektonik dan disepanjang zona subduksi terbentuklah palung laut (dasar laut yang sangat dalam dan curam berbentuk huruf V)
struktur dasar laut Palung Mariana di Samudera Pasifik
Beberapa palung laut terdalam tersebar di Samudera Pasifik, Namun ada beberapa palung yang terdapat di Smaudera Hindia, dan Samudera Atlantik. Berikut ini daftar 10 palung laut terdalam di dunia:
  1. Palung Mariana (Pasifik)                      11.033 m 
  2. Palung Tonga (Pasifik Selatan)             10.800 m 
  3. Palung Philipina                                   10.057 m 
  4. Palung Kermadec (Pasifik Selatan)      10.047 m
  5. Palung Kuril (Jepang)                            9.750 m 
  6. Palung izzu (Jepang)                              9.695 m 
  7. Palung New Britanian                            8.940 m 
  8. Palung Puertorico (S Atlantik)                8.605 m 
  9. Palung Yap (Pasifik)                              8.527 m 
  10. Palung Jepang                                       8.412 m
Load disqus comments

6 komentar