Perminan merupakan suatu aktivitas untuk memperoleh suatu keterampilan tertentu dengan cara menggembirakan. Apabila ketermpilan yang diperoleh dalam permainan itu berupa keterampilan bahasa tertentu, permainan tersebut dinamakan permainan bahasa (Soeparno,1998:60). Sebenarnya dalam kegiatan mengajar guru sering menggunakan permainan, tetapi pada umumnya masih menerpakannya sebagai teknik pengajaran bahasa.
Home
All posts
Minggu, 20 Februari 2011
Senin, 14 Februari 2011
DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Bagi teman-teman yang membutuhkan koleksi contoh Penelitian Tindakan kelas silahkan download pada link download berikut:
Read more
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) bertujuan membantu siswa mengembangkan ketrampilan berfikir dan ketrampilan pemecahan masalah, belajar peranan orang dewasa yang otentik dan menjadi pelajar yang mandiri. Ciri-ciri utama pembelajaran berdasarkan masalah meliputi suatu pengajuan pertanyaan atau masalah, memusatkan pada keterkaitan antar disiplin, penyelidikan, autentik, krerjasama dan menghasilkan karya peragaan.
Model Pembelajaran TGT
Pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
Minggu, 13 Februari 2011
Download panduan sertifikasi guru 2011
Download panduan sertifikasi guru 2011
Anda guru yang sedang bersiap-siap mengikuti gerbong sertifikasi guru? Tentu teman-teman membutuhkan informasi tentang bagaimana proses penetapan kuota sertifikasi untuk mata pelajaran dan jenjang pendidikan masing-masing.
Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Salah satu bagian penting dalam sertifikasi guru adalah rekrutmen dan penetapan calon pesertanya. Untuk itu diperlukan sebuah pedoman yang dapat menjadi acuan bagi dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), kepala sekolah, guru, guru yang diangkat dalam jabatan pengawas, dan unsur lain yang terkait dalam sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2011. Bagi teman-teman yang membutuhkan pedoman pelaksanaan sertifikasi tahun 2011 bisa di download pada link download berikut:
Anda guru yang sedang bersiap-siap mengikuti gerbong sertifikasi guru? Tentu teman-teman membutuhkan informasi tentang bagaimana proses penetapan kuota sertifikasi untuk mata pelajaran dan jenjang pendidikan masing-masing.
Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Salah satu bagian penting dalam sertifikasi guru adalah rekrutmen dan penetapan calon pesertanya. Untuk itu diperlukan sebuah pedoman yang dapat menjadi acuan bagi dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), kepala sekolah, guru, guru yang diangkat dalam jabatan pengawas, dan unsur lain yang terkait dalam sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2011. Bagi teman-teman yang membutuhkan pedoman pelaksanaan sertifikasi tahun 2011 bisa di download pada link download berikut:
No | Dokmen | Link Download |
1 | Pedoman penetapan peserta sertifikasi 2011 | |
2 | Rambu-rambu pelaksanaan PLPG 2011 | |
3 | Pedoman Penyusunan Portofolio 2011 |
Informasi Beasiswa ke Amerika
Community College Initiative Program (CCIP). menawarkan beasiswa kepada pelajar Indonesia untuk mengembangkan profesionalitas mereka di tingkat community college di Amerika Serikat (AS). Bidang-bidang yang diprioritaskan antara lain bidang pertanian, teknik, bisnis dan administrasi, ilmu kesehatan (keperawatan), teknologi informasi, media, dan manajemen kepariwisataan. Syarat untuk mendaftar beasiswa ini adalah memiliki ijazah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Diploma (D-1, D2 atau D3) dan nilai ITP minimum 500 (IELTS 5.0) atau TOEIC 650.
Lulusan sarjana (S-1) juga boleh mendaftar tetapi latar belakang pendidikannya harus berbeda dengan bidang yang akan diambil. Sementara mahasiswa atau lulusan program S-2 atau S-3 tidak dapat mengikuti program ini. Batas waktu pengiriman aplikasinya sampai 1 November 2011. Informasi lengkapnya bisa anda lihat di http://www.aminef.or.id.
Media Pembelajaran Geografi
Download Media Pembelajaran Geografi
Geografi adalah pelajaran yang mengungkap fakta-fakta, data serta informasi seputar ruang yang menjadi tempat tinggal manusia. Cakupan materinya sangat luas mencakup informasi aspek fisik muka bumi, informasi dan karakteristik budaya manusia dan hubungan keduanya. Menjadi guru geografi mestinya memiliki pengetahuan keruangan dan pemahaman disiplin ilmu pendukungnya seperti geologi, sosiologi, meteorologi, klimatologi, oceanografi, kartografi, ilmu tanah dan astronomi. Inilah yang menjadi masalah besar bagi pembelajaran geografi yang disinyalir harian the telegraph mengalami penurunan kualitas di berbagai negara termasuk Inggris dan Amerika Serikat akhir-akhir ini.
Geografi adalah pelajaran yang mengungkap fakta-fakta, data serta informasi seputar ruang yang menjadi tempat tinggal manusia. Cakupan materinya sangat luas mencakup informasi aspek fisik muka bumi, informasi dan karakteristik budaya manusia dan hubungan keduanya. Menjadi guru geografi mestinya memiliki pengetahuan keruangan dan pemahaman disiplin ilmu pendukungnya seperti geologi, sosiologi, meteorologi, klimatologi, oceanografi, kartografi, ilmu tanah dan astronomi. Inilah yang menjadi masalah besar bagi pembelajaran geografi yang disinyalir harian the telegraph mengalami penurunan kualitas di berbagai negara termasuk Inggris dan Amerika Serikat akhir-akhir ini.
Informasi Pembelajaran Geografi
Penguasaan materi Geografi disekolah dasar dan menengah Amerika Serikat dan Inggris mengalami penurunan tajam. Pengetahuan anak-anak Amerika Serikat mengenai benua dan lingkungan dunia menurut inspektur pendidikan setempat menurun tajam. Faktor penyebabnya karena kurangnya jam pada jadwal di sekolah, waktu belajar sering dipakai untuk ujian praktek mata pelajaran lain. Banyak guru-guru kurang memiliki pengetahuan geografis yang cukup sehingga pembelajaran geografi menjadi dangkal. Di sekolah menengah, kelas geografi sering digabung dengan sejarah dan ekonomi untuk membentuk generik "humaniora" pelajaran yang berfokus pada keterampilan jelas bukan pemahaman geografis.
Langganan:
Postingan (Atom)
Arsip Blog
- Januari 2011 (13)
- Februari 2011 (13)
- Maret 2011 (6)
- April 2011 (1)
- Mei 2011 (8)
- Juni 2011 (4)
- November 2011 (25)
- Desember 2011 (7)
- Januari 2012 (1)
- Februari 2012 (2)
- Maret 2012 (3)
- Desember 2012 (1)
- Agustus 2014 (1)
- Januari 2015 (1)