Download Juknis KTSP

Juknis KTSP adalah pedoman yang diterbitkan kementrian Depdiknas sebagai panduan tiap satuan pendidikan (sekolah) dalam mendesain Kurikulum. Jadi sekolah diberi kewenangan sangat luas untuk melakukan perencanaan, penyusunan dan pelaksanaan kurikulum. Boleh dibilang pemberlakuan KTSP adalah upaya desentralisasi pendidikan dengan tujuan pemberdayaan dan pengembangan potensi lokal. Maksudnya gimana ya bro...koq muter-muter.... Begini, dengan KTSP tiap satuan pendidikan atau sekolah diberi keleluasaan memasukkan unsur life skill dalam kurikulum sekolah. Perwujudannya melalui program pengembangan diri dan pendidikan muatan lokal. Melalui kegiatan pengembangan diri sekolah memberikan ruang kepada siswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensinya. Demikian pula dengan mata pelajaran muatan lokal, sekolah satu dengan lainnya bisa berbeda-beda jenis mulok-nya.
Pemberlakuan KTSP pada dasarnya upaya mengikuti kebutuhan pendidikan, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi. Paradigma pendidikan selalu mengalami pergeseran tentunya kan? Ukuran keberhasilan sekolah kan hakekatnya bukan nilai diatas raport atau ujian saja, namun lebih luas yaitu terbentuknya sikap, keterampilan, pengetahuan dan kemampuan peserta didik untuk mandiri ketika dewasa.

Lalu bagaimana cara mendesain dan menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan? waduuuuh untuk pertanyaan yang satu ini jawabannya tentu gak bakal cukup lewat postingan bro... soalnya saya liat guru-guru di republik ini aja masih banyak yang belum mudeng padahal pemerintah sudah menggelontorkan dana untuk pelatihan KTSP udah ratusan milyar (maaf ya pak guru dan bu guru....). Naaah lebih jelasnya sampean-sampean yang membutuhkan download aja juknisnya, saya kasih semuanya tinggal pilih. semua juga boleh. berikut saya buat daftarnya juknis KTSP 2010:
Juknis analisis Standar isi      DOWNLOAD DISINI
Juknis analisis Standar Kompetensi Lulusan      DOWNLOAD DISINI
Juknis analisis Standar Proses       DOWNLOAD DISINI
Juknis analisis Standar Penilaian        DOWNLOAD DISINI
Juknis analisis Standar Pengelolaan         DOWNLOAD DISINI
Juknis analisis Standar Sarana dan Prasarana     DOWNLOAD DISINI
Juknis analisis kondisi satuan pendidikan        DOWNLOAD DISINI
Juknis analisis lingkungan eksternal      DOWNLOAD DISINI
Juknis Pengembangan KTSP       DOWNLOAD DISINI
Juknis Pengembangan muatan lokal         DOWNLOAD DISINI
Juknis Pengembangan diri layanan konseling     DOWNLOAD DISINI
Juknis Pengembangan diri ekstra kurikuler     DOWNLOAD DISINI
Juknis Pengembangan Silabus      DOWNLOAD DISINI
Juknis Pengembangan RPP      DOWNLOAD DISINI
Juknis Pengembangan Bahan Ajar       DOWNLOAD DISINI
Juknis rancangan remidi dan pengayaan      DOWNLOAD DISINI
Juknis pembelajaran TM, PT, dan KMTT       DOWNLOAD DISINI
Juknis Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa      DOWNLOAD DISINI

oke dech bosss, sampai disini dulu ya ntar kita sambung dalam postingan berikutnya, semoga bermanfaat.

1 komentar: