Profil Negara Jerman


Jerman adalah salah satu contoh negara maju di dunia yang terletak di kawasan Eropa Barat.  Secara astronomis wilayah Jerman terletak diantara 47 oLU – 55o LU dan 6o BT – 15o BT, dengan luas wilayah kurang lebih 357.050 km2.  Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara    : Denmark dan Laut Utara.
Selatan : Swiss dan Austria.
Barat    : Belanda, Belgia dan Luxemburg.
Timur   : Ceko dan Polandia.

Topografi wilayah Jerman dibagi menjadi tiga yaitu:
  1. Dataran rendah bagian utara.  Wilayah ini terbentuk dari endapan kapur dan pasir dari Sungai Ems, Sungai Weser, Sungai Elbe, Sungai Donau dan Sungai Havel yang bermuara di Laut Utara dan Laut Baltik.
  2. Dataran tinggi bagian tengah.  Kawasan ini terdiri dari kelompok perbukitan yang tertutup tanah loss dan meliputi Dataran Tinggi Hercynia, Pegunungan Schwarzwald dan Pegunungan Thuringen.  Di daerah ini mengalir sungai Rhein, Sungai Weser, Sungai Elbe, dan Sungai Werra.
  3. Dataran tinggi bagian selatan.  Kawasan ini terdiri dari Pegunungan Alpen Bavaria, dan Dataran Tinggi Bayern.  Daerah ini merupakan hulu Sungai Rhein dan Sungai Donau.
Sejarah
Jerman mempunyai sejarah panjang sebagai salah satu Negara adidaya di dunia. Perang dunia I dan Perang dunia II menempatkan Jerman sebagai pelaku utama.  Pada awal Perang dunia I Jerman dapat mengalahkan Rusia, Perancis dan Belgia dalam waktu singkat, yang membuktikan besarnya kekuatan militer Jerman, walaupun pada akhirnya Jerman, Austria dan Hongaria akhirnya menyerah dalam PD I akibat dikeroyok oleh aliansi Inggris, Prancis, Rusia, dan Amrika Serikat. Dampaknya Jerman Dipaksa menandatangani perjanjian Versailles yang sangat merugikan dan menghancurkan ekonomi Jerman. PErjanjian ini juga memunculkan kelompok dan faksi-faksi politik, salah satunya Nazi yang dipelopori Adolf Hitler. Dengan kemampuan politiknya, orasi, dan charisma yang dimiliki, Hitler berhasil menggalang dukungan sehingga partainya memenangkan Pemilu di Jerman sehingga ia di angkat menjadi kanselir Jerman. Hitler kemudian kembali membangun kekuatan militer dengan mengabaikan isi perjanjian Versailles.
Menjelang PD II, Jerman juga membangun aliansi dengan Negara totaliterisme lainnya yaitu Italia dan Jepang. Aliansi ini kemudiansedikit demi sedikit melakukan invansi ke Negara-negara tetangganya, Jerman menyerbu Polandia tanggal 1 September 1939 dan dalam waktu singkat, Polandia jatuh ke tangan Jerman. Tidak cukup itu, Jerman juga menginvansi Belgia, Belanda, Prancis dan Luxemburg dengan mudah. Target selanjutnya adalah Inggris, namun Jerman menghadapi perlawanan sengit dari armada Inggris, bahkan pasukan Jerman sempat di pukul mundur oleh pilot-pilot angkatan udara Inggris. Amerika Serikat akhirnya juga terlibat perang setelah kapal selamnya di serang oleh pasukan Jerman.  Jerman kemudian mulai mengalami banyak kekalahan setelah pasukannya kalah dalam pertempuran di Al-Alamin melawan pasukan Inggris dan kalah di Stalingrad oleh Pasukan Rusia. Jerman kemudian menyerah pada  PD II setelah Hitler bunuh diri di bunkernya tanggal 30 April 1945.
Sejarah kelam tersebut menjadi pelajaran berharga buat Jerman, sehingga Negara ini kemudian bangkit menata kehidupan dari puing-puing peperangan. Dalam waktu singkat, Jerman telah tampil menjadi imperium baru di dunia, namun dalam bidang industry, teknologi dan ilmu pengetahuan. Pusat-pusat indutri dibangun dan mengalami perkembangan pesat. Sektor perekonomian yang paling banyak menghasilkan devisa adalah ndust ndustry yang meliputi ndustry mobil (Volks Wagen, BMW, Mercedes Benz, OPEL), ndustry elektronik, ndustry pesawat terbang, ndustry galangan kapal, baja, dan lokomotif dan obat-obatan.  Pusat-pusat ndustry di Jerman antara lain: Kota Essen  (ndustry alat pertanian), Leipzig (Industri ndus), Wuppertall (Industri tekstil), Hannover (ndustry gula),  Hamburg (Industri galangan kapal), Berlin (ndustry kimia dan obat-obatan), Wolsburg (ndustry otomotif dan elektronik).
Salah satu sudut Kota Berlin
Pusat Industri Mobil BMW
 Data-data Negara Jerman
Nama Negara
Jerman (Germany)
Kepala negara
Presiden (Sekarang dijabat Horst Kohler)
Kepala pemerintahan
Kanselir (sekarang dijabat Angela Merkel)
Ibukota
Berlin
Kota-kota Besar
Munich, Essen, Hannover, Wolsburg, Wuppertall, Hamburg, Leipzig
Jumlah penduduk
81.757.600 (2009)
Suku Bangsa
Jerman (93%)
Agama
Protestan (44%), Katholik Roma (37%)
Bahasa
Jerman
Mata Uang
Euro
Lagu Kebangsaan
Das Lied der Deutschen
Pendapatan Perkapita
US$ 34.219 (2009)
Industri
Otomotif, elektronik, kapal, pesawat,senjata,mesin, alat berat,farmasi, kimia, tekstil, baja,alat pertanian, alat transportasi,optik


Referensi:
Buku Negara-negara di dunia
Penerbit Cita Insan Madani

4 komentar: