Senin, 04 Agustus 2014

Definisi Manajemen

Definisi Manajemen
Definisi Manajemen - Manajemen berasal dari bahasa inggris "management" dengan kata to manage yang secara umum berarti mengurusi. Dalam arti khusus manajemen dipakai bagi pimpinan dan kepemimpinan, yaitu orang - orang yang melakukan kegiatan memimpin, disebut "manajer". Untuk mengartikan dan mendefinisikan manajemen dari berbagai literatur dapat dilihat dari tiga pengertian yaitu :

1. Manajemen sebagai suatu proses
2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. Manejemen sebagai ilmu dan seni



1. Manajemen sebagai suatu proses

Melihat bagaimana cara orang mencapai suatu tujuan yang telah diterapkan terlebih dahulu pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat menurut :

George R.Terry
Manajemen adalah cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu melalui kegiatan orang lain.

Haiman
Manajemen itu adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui orang lain, mengawasi usaha - usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.

Stoner
Stoner mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengawasi usaha - usaha dari anggota organisasi dan sumber - sumber organisasi lainya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah diterapkan.

Mary Parker Follet
Mendefinisikan manajemen sebagai seni untuk melakukan sesuatu melalui orang lain.

2. Manajemen Sebagai Suatu Kolektivitas

Yaitu merupakan suatu kumpulan orang - orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kumpulan orang - orang di sini menunjukan adanya tingkatan kepemimpinan (pimpinan atas, menengah, dan bawahan). Pendapat ini dikemukakan oleh Henry Fayol.

3.Manajemen Sebagai Ilmu Dan Seni

Ilmu adalah sekumpulan pengetahuan yang telah disistematisasikan, dikumpulkan, dan diterima menurut pengertian kebenaran umum mengenai keadaan suatu subjek dan objek tertentu.

Manejemen ilmiah adalah suatu kumpulan pengetahuan yang disistematisasi, dikumpulkan, diterima menurut pengertian kebenaran universal mengenai manajemen.

Science Management adalah manajemen yang menggunakan ilmu dan scientific method.
Scientific Method adalah suatu pendekatan yang tepat terhadap suatu objek ilmu dan tujuan utamanya ialah untuk menambah pengetahuan yang sudah ada.

Science Management memiliki ciri - ciri sebagai berikut ini :

A. Tersusun secara sistematis/teratur
B. Dapat dipelajari dan diajarkan
C. Menggunakan metode - metode ilmiah
D. Dapat dijadikan suatu teori
E. Objektif dan rasional

Science Management ialah manajer yang menggunakan science dan scientific method dalam usaha memimpin kegiatan - kegiatan bawahanya melalui funsgsi - fungsi manajemen.

Manajer adalah seorang ilmuan dan sekaligus seniman, yang mengandalkan diri pada ilmu, ia pun harus mempunyai "firasat, keyakinan - keyakinan, kreativitas" dan menguasai cara - cara "penerapanya".

No
Science / Ilmu
Art / Seni
1
Berkembang secara teoritis
Berkembang secara praktis
2
Membuktikan
Merasa
3
Meramalkan
Menerka
4
Memberikan definisi
Menguraikan / mengajarkan
5
Memberikan kepastian / ukuran
Memberikan pendapat

Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu mengajarkan kita tentang sesuatu, sedangkan seni/art mengajarkan bagaimana suatu hal dilakukan / cara agar mencapai sesuatu.
Load disqus comments

8 komentar