Profil Negara Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Benua Asia bagian timur, bertetangga dengan Rusia di sebelah barat, dengan Korea Utara dan Korea Selatan di bagian selatan dan dengan China di bagian barat daya. Jepang pernah menjadi kekuatan raksasa di bidang militer di dunia pada masa perang dunia II dan kini menjadi raksasa industri, elektronik, otomotif, dan Industri lainnya. Jepang juga memiliki tokoh-tokoh pengusaha dan pelopor industri terkemuka dunia seperti Akio Morita (pendiri Sony), Toyoda (pendiri Toyota), Yataro Iwasaki (Pendiri Mitsubishi), Konuse Matsushita (Pendiri Panazonic), Torakusu Yamaha, dan Sucaido Honda.

Pada pertengahan abad 19 Jepang masih berbentuk kerajaan feodal yang struktur sosialnya tidak pernah berubah. Sejak tahun 660 m, Jepang dipimpin oleh seorang kaisar yang turun temurun. Karena berbentuk kepulauan, negara ini terisolir dengan negara lain, bahkan kebijakan kaisar saat itu juga mengisolasi diri dari pergaulan internasional. Tahun 1636 kaisar bahkan menerapkan aturan larangan bagi rakyatnya keluar dari tanah air. Semua kapal laut dagang dari negara lain bahkan di larang berlabuh di pelabuhan Jepang.

Semua berubah ketika tanggal 8 Juli 1853 Angkatan Laut Amerika Serikat di pimpin Komodor Mattew Calbraraith Pery berlayar ke jepang dengan persenjataan lengkap membawa pesan dari Presiden AS Millard Fillmore yang mengancam Jepang agar membuka pelabuhannya. Jepang Akhirnya menandatangani perjanjian Kanagawa dan membuka secara luas negaranya bagi negara lain. Dalam bidang ekonomi, ketika Kaisar Muda Matsuhito (Meiji) tanggal 6 April 1868 melarang  semua organiasi anti asing dan memulai program modernisasi dengan mengimpor mesin dan peralatan dari Eropa yang masih mengalami revolusi industri. Dalam waktu 25 tahun Teknologi Jepang berhasil menyamai teknologi Eropa dan Amerika.

Pada abad 20 Jepang bahkan berkembang menjadi negara imperalis yang memperluas wilayah melalui peperangan. Sebelum PD II pecah, Jepang berambisi menguasai Asia Timur Raya, yaitu wilayah-wilayah meliputi Asia Tenggara, China, Asia Timur dan Smaudera Pasifik. Tahun 1904 terjadi perang besar antara Rusia-Jepang dengan kemenangan telak di pihak Jepang. Hal ini menandai pertama kali sejak Genghis khan sebuah negara Asia mampu mengalahkan kekuatan Eropa. 

Dalam Perang dunia II Jepang berskutu dengan Jerman dan Italia dan melakukan penyerangan besar-besaran ke pangkalan angkatan laut Amerika serikat di Pearl Harbour (Hawaii) yang menyebabkan 100 pesawat Amerika rusak, 8 kapal perang AS tenggelam, dan 300 warga tewas. Serangan ini menyebabkan Amerika ikut terlibat dalam PD II dan menyatakan perang terhadap Jepang. Dalam pertempuran sengit di Samudera Pasifik, Jepang lama-kelamaan makin terdesak hingga akhirnya menyerah setelah kota Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh pasukan Amerika. Setelah menyerah, Jepang menarik seluruh pasukannya dari wilayah jajahan dan membangun kembali negerinya dari kehancuran perang. Spirit, kekuatan, semangat luar biasa menyebabkan dalam waktu singkat Jepang kembali berdiri tegak menjadi imperalis namun di bidnag ekonomi. Jepang segera berubah menjadi raksasa industri dunia dari bidang otomotif, alat berat, kimia, baja, elektronik dan industri manufaktur hingga sekarang.

Data-data Negara Jepang

Kepala Negara
Kepala pemerintahan
Perdana Menteri (Yukio Hatoyama, 16-9-2009-sekarang
Bentuk pemerintahan
Kekaisaran
Ibukota
Tokyo
Pemerintah lokal
43 prefektur dan 4 kotapraja
Luas wilayah
377.930 KM2
Jumlah penduduk
127.470.000 jiwa (tahun 2010)
Suku bangsa
Jepang (99%)
Agama
Shinto (mayoritas, Islam, Budha, Kristen
Bahasa
Jepang
Mata uang
Yen
Lagu kebangsaan
Kimi Gayo
Produk Domestik Bruto
US$ 4.354,37 milyar (2008)
Pendapatan perkapita
US$ 32.817 (2009,IMF)
Hasil agraris
Beras, tembakau, buah dan sayuran
Hasil industri
Elektronik, otomotif, mesin, alat berat,farmasi, bahan kimia, manufaktur
Hari Besar
3 November 1946 (Hari konstitusi)
Kantor berita
KYODO
Bandara Internasional
Haneda (tokyo) Narita (Tokyo)




Referensi:
Buku Negara-negara di dunia
Penerbit Cita Insan Madani

1 komentar: