Pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPS sangat diperlukan dalam pelaksanaan KTSP, mengingat standar isi mata pelajaran IPS pada dasarnya sudah menganut prinsip integrasi. Namun kenyataan di lapangan guru masih kesulitan menerapkan pola integrasi baik inter disipliner maupun intra disipliner. Mainset guru masih terkotak-kotak sesuai pada bidang ilmunya ketika menempuh pendidikan S1. Hal ini adalah implikasi karena LPTK masih jarang bahkan mungkin belum ada yang meluluskan guru-guru IPS.
Yang ada adalah guru geografi, guru sejarah, guru ekonomi, dan sosiologi. Bagaimana menerapkan pola pembelajaran IPS terpadu dalam KBM? Bagaimana perencanaannya mulai dari pemetaan KD hingga pelaksanaan Di kelas? apa saja kendala-kendala penerapan pembelajaran IPS terpadu? untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan barusan, saya coba sediakan panduan dengan harapan dapat memberikan solusi atau setidak-tidaknya bahan diskusi terutama bagi guru-guru IPS SMP/MTs. Tanpa basa-basi, anda dapat mendownload panduan di bawah ini:
Yang ada adalah guru geografi, guru sejarah, guru ekonomi, dan sosiologi. Bagaimana menerapkan pola pembelajaran IPS terpadu dalam KBM? Bagaimana perencanaannya mulai dari pemetaan KD hingga pelaksanaan Di kelas? apa saja kendala-kendala penerapan pembelajaran IPS terpadu? untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan barusan, saya coba sediakan panduan dengan harapan dapat memberikan solusi atau setidak-tidaknya bahan diskusi terutama bagi guru-guru IPS SMP/MTs. Tanpa basa-basi, anda dapat mendownload panduan di bawah ini:
1. Petunjuk pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu DOWNLOAD
2. Contoh pemetaan KD IPS terpadu DOWNLOAD
3. Contoh silabus berkarakter IPS terpadu DOWNLOAD
4. Contoh RPP IPS terpadu DOWNLOAD
0 komentar