Selasa, 08 Maret 2011

Mendidik Anak Usia dini (tips 3)

Mendidik anak di usia dini. Kalimat ini sungguh mudah diucapkan tetapi begitu berat dilaksanakan kita sebagai orang tua atau calon orang tua. Dibutuhkan modal pengetahuan, pemahaman karakter anak, strategi pendidikan anak dan yang terpenting konsistensi serta tauladan orang tua. Pada edisi kali ini kita akan membahas tips-tips pendidikan anak di usia dini agar anak kita tumbuh sesuai harapan orang tua. di bagian terdahulu kita sudah membahas mengenai dampak berbohong pada anak kita dan  mengapa anak kita menjadi egois. Kali ini kita akan membahas kebiasaan orang tua yang menyebabkan anak kita susah diatur.

Read more

Rabu, 02 Maret 2011

Dampak berbohong pada anak

Awalnya anak-anak kita selalu mendengarkan perkataan orang tuanya. Mengapa? karena percaya penuh pada kedua orang tuanya. Namun ketika beranjak dewasa, ia mulai sering melawan, bandel, tidak mau menuruti nasehat dan perkataan kita, meraka tidak percaya lagi dengan kita sebagai orang tuanya. Waduh kenapa Ya?
Read more

Anak kita egois?

Pada edisi kali ini saya akan membahas permasalahan yang sering dijumpai orang tua terutama dalam mendidik putra-putri tercinta. Salah satu problem orang tua adalah mendapati sikap anaknya egois, selalu menyalahkan orang lain, tidak mau disalahkan, dan menganggap dirinya selalu benar... weleh..weleh... fatal bukan? Repotnya jika sifat egois ini akan berkembang sampai dewasa, ini menunjukkan gejala keterampilan sosial yang rendah. dampaknya sangat berbahaya. Mau tau sebabnya ? Mari kita bahas:
Read more

Minggu, 20 Februari 2011

Metode Pembelajaran STAD

Metode Pembelajaran STAD dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin. STAD merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Dalam pelaksanaannya siswa dikelompokkan kedalam 4-5 orang tiap kelompoknya. Setiap kelompok harus heterogen terdiri dari laki-laki dan perempuan, berasaladari berbagai suku, memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Setiap anggota kelompok saling membantu satu sama lain untuk memahami materi pelajaran. Selanjutnya secara individual setiap minggu atau dua minggu siswa diberi kuis. Hasil kuis diberi skor dan dibandingkan dengan skor dasar untuk menentukan skor peningkatan individu dan skor kelompok. Ada lima komponen utama dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu presentasi kelas, kerja kelompok, kuis, peningkatan nilai individu dan penghargaan kelompok

Read more

Metode Pembelajaran Inquiry

Metode pembelajaran Inquiri berhubungan erat dengan pendekatan CTL (contextual Teaching and Learning), bahkan menjad inti pendekatan belajar CTL. Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru untuk mengaitkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata siswa. Yang dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajari dengan penerapannya dalam kehidupan para siswa sebagai angota keluarga dan masyarakat. Berangkat dari konsepsi ini diharapkan hasil pembelajaran akan lebih bermakna. Proses pembelajarannya akan berlangsung secara alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan megalami, bukan sekedar transfer pengetahuan dari guru ke siswa.

Read more

Model Permainan Pembelajaran Bahasa

Perminan merupakan suatu aktivitas untuk memperoleh suatu keterampilan tertentu dengan cara menggembirakan. Apabila ketermpilan yang diperoleh dalam permainan itu berupa keterampilan bahasa tertentu, permainan tersebut dinamakan permainan bahasa (Soeparno,1998:60). Sebenarnya dalam kegiatan mengajar guru sering menggunakan permainan, tetapi pada umumnya masih menerpakannya sebagai teknik pengajaran bahasa.

Read more

Senin, 14 Februari 2011

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) bertujuan membantu siswa mengembangkan ketrampilan berfikir dan ketrampilan pemecahan masalah, belajar peranan orang dewasa yang otentik dan menjadi pelajar yang mandiri. Ciri-ciri utama pembelajaran berdasarkan masalah meliputi suatu pengajuan pertanyaan atau masalah, memusatkan pada keterkaitan antar disiplin, penyelidikan, autentik, krerjasama dan menghasilkan karya peragaan.

Read more