Rabu, 11 Mei 2011

Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan dengan Teknik Puzzle Concept

Proses belajar menyenangkan adalah kunci sukses menuju keberhasilan. Gordon dan Jeanette Vos mengungkapkan ”belajar akan efektif jika anda dalam keadaan fun”. Kunci proses pembelajaran yang baik adalah dengan mengorkestrasikan enam faktor berikut:
Read more

Minggu, 08 Mei 2011

Metode Pembelajaran Discussion Starter Story

Metode Pembelajaran Discussion Starter Story. Keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar adalah kunci utama dalam mencapai tujuan belajar sebab pada prinsipnya belajar adalah berbuat. Berbuat untuk mengubah tingkah laku. Tidak ada belajar tanpa adanya aktivitas. Menurut Frobel dalam Sardiman, (2007:96) Secara alamiah anak mempunyai dorongan untuk mencipta sehingga dalam belajar anak harus bekerja secara mandiri bereksplorasi dan menggali informasi belajar. 
Read more

Metode pembelajaran Matematika Realistik

Matematika realistik pada dasarnya adalah pola belajar yang memanfaatkan realitas dan lingkungan yang dipahami siswa untuk memperlancar proses pembelajaran Matematika sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran Matematika secara lebih baik. Seperti halnya paradigma baru tentang belajar, pembelajaran Matematika realistik juga diperlukan upaya mengaktifkan siswa. 
Read more

Minggu, 01 Mei 2011

Mengatasi siswa pasif dalam proses belajar

Siswa Anda Pasif dalam Proses Belajar? Siswa anda tidak berani bertanya?  Pertanyaan ini adalah masalah klasik dalam dunia pembelajaran di negeri ini yang sampai detik ini masih terjadi di banyak ruang-ruang kelas. Salah satu komponen penting dalam menstimulasi proses belajar secara aktif adalah komunikasi dalam proses belajar. Kegiatan belajar tidak akan berhasil jika siswa tidak melakukan komunikasi aktif baik dengan sesama pembelajar, dengan fasilitator atau dengan sumber belajar lainnya. Dalam hubungannya dengan komunikasi, sebagain besar pendekatan pembelajaran mensyaratkan komunikasi aktif sebagai faktor penting dalam pencapaian tujuan belajar. Menurut pendekatan kontekstual, untuk mencapai tujuan belajar terdapat tujuh komponen yang harus dilakukan pembelajar. Ketujuh komponen tersebut adalah kontruktivisme, inquiri, bertanya (questioning), masyarakat belajar, permodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya (Depdiknas, 2003).
Read more

Sabtu, 30 April 2011

Metode Pembelajaran bercerita berpasangan

Metode Pembelajaran bercerita berpasangan.

Belajar dapat dipandang sebagai usaha untuk melakukan proses perubahan tingkah laku kearah menetap sebagai pengalaman berinteraksi dengan lingkungannya. Belajar merupakan usaha seseorang untuk membangun pengetahuan dalam dirinya. Dalam proses belajar terjadi perubahan dan peningkatan mutu kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan siswa, baik dari segi kognitif, psikomotor maupun afektif.

Read more

Senin, 21 Maret 2011

Menciptakan lingkungan belajar menyenangkan

Suasana belajar adalah faktor penentu keberhasilan mencapai sasaran belajar. Prinsip belajar orang dewasa dan anak-anak pada hakekatnya sama yaitu melalui penjelajahan (eksplorasi) dan suasana hati gembira (fun). Seorang guru idealnya kreatif mendesain lingkungan belajar agar tercipta suasana yang menyenangkan atau dalam istilah Gordon Dryden disebut orkestrasi lingkungan belajar. Lalu apa yang perlu disiapkan?
Read more

Kamis, 17 Maret 2011

Penyebab Anak Bandel

Kita semua paham bahwa mendidik anak membutuhkan kesabaran, proses yang panjang serta keteladanan. Nah... yang terakhir tentu saja yang paling sulit. Tidak sedikit orang tua yang bawel terhadap anaknya agar rajin mengaji, padahal dia sendiri jarang membaca Alqur’an. Akibatnya nasehat dan ajakan orang tua akan masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri. Kali ini kita akan membahas beberapa kebiasaan orang tua yang berdampak buruk bagi anak. Anak menjadi sulit di atur, sulit dikendalikan, bandel dan tidak jarang suka mela
wan orang tuanya. Apa sajakah kebiasaan itu? Kali ini saya akan membahas 5 sikap orang tua lebih dulu.

Read more

Selasa, 08 Maret 2011

Mendidik Anak di Usia dini (Tips 4)

Mendidik anak di usia dini adalah aktivitas panjang yang memerlukan kesabaran orang tua. Kali ini kita akan membahas satu kebiasan kita dalam mendidik anak kita di usia dini, yaitu kebiasaan berbicara tanpa arti dan sasaran yang jelas. Perhatikan kalimat yang sering diucapkan orang tua berikut:  "Mama tidak suka kalau kamu sedikit-sedikit nangis, mama tidak suka kalau kamu suka merebut mainan teman. Kata-kata tersebut sama sekali tidak bisa dimengerti anak, tidak jelas apa maksudnya, tidak dijelaskan secara rinci dampak dari tindakan anak, apa yang seharusnya dilakukan anak, dan apa yang sesungguhnya kita inginkan.
Read more